Sapi kurban Presiden Jokowi.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Presiden Joko Widodo Beli Sapi Kurban Seberat 1 Ton Lebih Milik Petani Lumajang, Ini Penampakannya

Minggu, 25 Juni 2023 - 14:38 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Sungguh beruntung nasib Bahrowi Yahya (41), seorang peternak sapi di Desa Sumbersuko Lumajang, karena salalh satu sapi piaraannya akhinrya terpilih menjadi salah satu sapi kurban Presiden Joko Widodo.

Sapi jantan jenis limosin yang diberi nama Gesbi oleh pemiliknya ini, memiliki berat 1 ton 150 kilogram, panjang 190 centimeter, tinggi badan 159 centimeter dan lingkar dada 250 centimeter, laku dibeli Presiden Jokowi dengan harga Rp115 juta.

“Semua dari rejeki. Prosesnya lama dari pengajuan ke orang dinas kabupaten kemudian ke dinas provinsi dan diseleksi dan naik ke skretariat presiden, hingga akhirnya resmi punya saya yang dipilih,” kata Bahrowi Yahya saat ditemui di kandangnya, Sabtu (25/6).

Menurut Bahrowi, sebelumnya sapi miliknya yang baru berumur 3 tahun 8 bulan ini, berhasil menyisihkan 3 ekor sapi lainya yang diajukan sebagai sapi kurban Presiden Joko Widodo.

“Alhamdullilh, dari 4 ekor yang diajukan, tim memilih sapi saya yang beratnya 1 ton 150 kilogram ini. Terus terang ini jadi kebanggan tersendiri bagi saya akhirnya pak Jokowi memilih sapi saya, senang pokoknya. Saya jadi semakin termotivasi untuk giat dan tekun dalam beternak sapi ke depannya,” imbuhnya.

Bahrowi mengaku belum genap 4 tahun memelihar Gesbi, yang dulu dibelinya sari salah satu peternak. Saat dibeli, Gesbi masih berumur 5 bulan. Seperti sapi unggulan lainnya, Bahrowi mengaku sangat memperhatikan pola makan dan perawatan ternaknya.

“Untuk perawatan dan pakan sangat menjadi prioritas dan perlu pengawasan ketat. Secara rutin, pagi dan sore selain kita beri pakan rumput, juga kita beri pakan tambahan berupa comboran berisi konsentrat, bekatul, ampas tahu dan tumpi jagung setiap pagi dan sore,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral