Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Mendekati Libur Panjang Idul Adha, Wisdom Mulai Serbu Bali dari Ketapang

Senin, 26 Juni 2023 - 12:48 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Mendekati libur panjang Idul Adha, penumpang penyeberangan melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Bali mulai meningkat. Para penumpang ini didominasi wisatawan domestik (wisdom) yang akan berlibur ke Pulau Dewata.

Lonjakan ini diprediksi akan terus berlanjut seiring datangnya libur panjang. Naiknya penumpang kapal mulai terasa sejak 22-23 Juni kemarin. Mereka didominasi kendaraan golongan IV alias mobil pribadi.

“Pada 22 Juni, total kendaraan yang menyeberang ke Bali mencapai 1.300 unit, sedangkan pejalan kaki mencapai 18.700 orang. Jumlah ini meningkat pada 23 Juni dimana kendaraan pribadi tembus 1500 unit dan pejalan kaki sebanyak 18.700 orang,” kata General Manager PT Indonesia Ferry (ASDP) Ketapang – Gilimanuk, Syamsudin, Senin (26/6) siang.

Meski terjadi lonjakan, aktivitas pelabuhan masih lancar. Pihaknya juga tidak melakukan penambahan armada kapal. Sebab, jumlah kapal yang beroperasi masih mencukupi lonjakan penumpang.  
    
“Kapal yang dioperasikan masih normal, 27-28 kapal," ujarnya.

Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang ke Bali akan terus berlanjut. Puncaknya diprediksi pada 27-28 Juni besok. Hal ini seiring datangnya libur panjang sekolah. Sehingga, banyak wisdom yang menunggu libur sekolah untuk menyeberang ke Bali.

Lonjakan ternyata hanya pada sisi Ketapang. Dari Pelabuhan Gilimanuk, arus penumpang dan kendaraan relatif normal. Ketika dari Ketapang terjadi lonjakan, penumpang dari Bali tak mengalami lonjakan tajam.

“Penumpang dari Bali ke Jawa terpantau fluktuatif,” tutupnya. (hoa/gol)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral