5900 Prajurit TNI AL Dikirim ke Laut Jawa, Ukur Kesiapsiagaan Pasukan dan Alutsista.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

5900 Prajurit TNI AL Dikirim ke Laut Jawa, Ukur Kesiapsiagaan Pasukan dan Alutsista

Rabu, 28 Juni 2023 - 13:54 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - 5900 prajurit TNI AL siap tempur dikirim ke laut Jawa untuk ukur kesiapsiagaan pasukan dan alutsista, dalam rangka mengoptimalkan kekuatan tempur dalam latihan gabungan TNI Armada Jaya 2023.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) melangsungkan apel gelar pasukan latihan Armada Jaya XLI TA 2023 di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, pada Selasa (27/6).

Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, Panglima Koarmada RI menyatakan, latihan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada pelaksanaan operasi gabungan TNI.

“Latihan ini sekaligus sebagai langkah awal, untuk mempersiapkan prajurit dan alutsista untuk menyambut latihan puncak TNI,” ucapnya didampingi Letnan Jenderal TNI Suhartono, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiktal) saat menyampaikan amanat Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Selain itu, ia mengatakan bahwa agenda tersebut juga sebagai bagian untuk meningkatkan profesionalisme, yakni dengan melihat sejauh mana hasil latihan yang didapatkan dari latihan sebelumnya.

Menurutnya, semua yang terlibat nantinya dapat memiliki kemampuan yang bagus saat latihan puncak TNI, yang akan melibatkan 5.900 prajurit, 21 KRI dari berbagai jenis, 10 unit pesawat udara, 39 unit Ranpur, 40 unit Rantis, dan 20 unit Alpung Marinir.

“Sebagai garda terdepan penjaga laut Nusantara, dan sebagai komponen pertahanan negara di laut, kita memiliki berbagai peralatan tempur yang bukan hanya untuk beroperasi di laut, tetapi juga di darat dan di udara. Untuk itu, TNI AL bertanggungjawab dalam melakukan pembinaan, kesiapan tempur, termasuk di dalamnya pembinaan kemampuan material dan personil pengawak alutsista, sebagai bagian penting dalam upaya membangun TNI AL yang profesional, modern dan tangguh,” paparnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral