Warga arak sapi dan kambing kurban keliling kampung sebelum disembelih.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Tradisi Unik di Probolinggo, Arak Hewan Kurban Keliling Kampung Sebelum Disembelih

Kamis, 29 Juni 2023 - 13:15 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Sebuah tradisi unik digelar masyarakat Kampung Sentono Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Sejumlah hewan kurban Idul Adha seperti sapi dan kambing dihias dan diarak keliling kampung sebelum disembelih dan kemudian dagingnya dibagikan pada warga, Kamis (29/6).

Holil salah satu warga Kampung Sentoso mengatakan, jika tradisi unik ini dilakukan pada setiap momen Hari Raya Idul Adha tiba. Sejumlah hewan kurban dari para dermawan diarak keliling kampung sebelum disembelih

"Sapi dan kambing kurban dihias dengan diberi kalung dan diselimuti kain putih, kemudian diarak keliling kampung oleh ratusan warga sambil kumandangkan takbir menggunakan alat pengeras suara dan beduk," katanya.

Lebih lanjut, Holil menambahkan bahwa tradisi kearifan lokal yang sudah hampir pudar ini merupakan warisan dari leluhur secara turun menurun warga Kampung Sentono.

"Tradisi arak sapi tidak hanya melibatkan orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Agar tradisi turun menurun yang nyaris punah tersebut, bisa kembali dilestarikan," tambahnya.

Tradisi arak sapi itu dilakukan usai menggelar salat Idul Adha. Tampak ratusan warga  ikut mengarak hewan-hewan kurban keliling kampung.

"Unik mas, mungkin tradisi arak sapi hanya ada disini. Karena banyak tradisi kearifan lokal sudah pudar tergerus kemajuan zaman," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral