Penyembelihan sapi Presiden.
Sumber :
  • hentty kartika

Ramah Lingkungan, Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Agung Surabaya Usung Konsep One Stop Production

Jumat, 30 Juni 2023 - 11:34 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Satu hari setelah Hari Raya Idul Adha, Masjid Nasional Al Akbar atau Masjid Agung Surabaya menggelar penyembelihan hewan-hewan kurban dengan mengusung konsep One Stop Production. Diawali dengan salat Shubuh berjamaah dan sarapan bersama, sejumlah panitia kurban melakukan penyembelihan pertama pada pukul 05.45 WIB.

Uniknya, konsep one stop production yang diusung Masjid Agung Surabaya dalam penyembelihan ini, tidak menghasilkan limbah maupun sampah yang berbahaya bagi lingkungan.

“Penyembelihan dimulai setelah salat shubuh tadi. Semuanya one stop production, jadi artinya tidak ada limbah yang dibuang,” ujar Humas Masjid Al Akbar atau Masjid Agung Surabaya, Helmy M. Noor, Jumat (30/6).

Hewan kurban disembelih tepat di atas lubang khusus yang disiapkan oleh panitia sebagai tempat penampungan darah hewan kurban. Nantinya, darah tersebut akan diberi obat untuk menghilangkan bau sebelum dialirkan ke tanah.

Setelah disembelih, hewan kurban kemudian dikuliti dan mulai dipotong terpisah tiap bagian tubuh, termasuk organ seperti jeroan, hingga, dan usus. Nantinya bagian itu akan dimasak setengah matang agar tidak membusuk sebelum disalurkan.

“Yang jeroannya kayak babat, usus itu dimasak,” ujar Agoes Suroso Ketua Panitia Penyembelihan.

Setelah disisihkan tiap bagian, daging maupun tulang hewan kurban dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dikelola oleh penerimanya. Pemotongan hewan kurban di Masjid Al Akbar ini, dilakukan menggunakan mesin pemotong khusus. Tujuannya, agar lebih meringkas waktu, sehingga daging kurban bisa segera disalurkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral