Operasi yutisi di Surabaya.
Sumber :
  • syamsul huda

Jaga Sungai Tetap bersih, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Sasar Pencuci dan Pembuang Jeroan Hewan Kurban

Jumat, 30 Juni 2023 - 13:00 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menggelar operasi yustisi untuk menertibkan warga yang mencuci rumen atau membuang jeroan hewan kurban di Sungai Kalimas, Kamis kemarin.

Operasi yustisi itu dipimpin langsung oleh Kepala DLH Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, yang menyisir Sungai Kalimas di kawasan Jalan Ngagel Surabaya.

Bersama timnya, kepala DLH Surabaya menemukan warga yang masih mencuci jeroan di sungai, dan langsung mendapat teguran. Tak hanya itu, DLH juga memberikan karung agar jeraon tersebut dibuang di tempat pembuangan sampah, dan bukan di sungai.

“Pak, tolong jangan dibuang di sungai, kotorannya jangan dicuci di sini, di bung ke TPS (tempat pembuangan sampah) saja,” kata Hebi kepada warga yang mencuci jeroan itu sembari memberikan glangsing kepada mereka.

Ia juga menjelaskan bahwa apabila jeroan itu dicuci dan bahkan dibuang di sungai, dapat membahayakan lingkungan.

"Nyuci jeroan dan rumen gak boleh di sungai takutnya sapinya ada penyakit, sehingga nanti air sungainya bisa terkontaminasi," jelasnya.

Saat ini Pemkot Surabaya tengah gencar menjadikan sungai di Surabaya sebagai tempat wisata, dengan warga membuang dan mencuci jeroan di sungai, akan mengotori sungai dan mengganggu estetika.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral