Rumah terdampak gempa Bantul.
Sumber :
  • agus wibowo

Dampak Gempa Bantul, 56 Bangunan di Pacitan Rusak

Sabtu, 1 Juli 2023 - 12:54 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Gempa bumi Bantul bermagnitudo 6,4 menyisakan kesedihan bagi warga Pacitan. Betapa tidak, getaran gempa bumi yang terjadi itu dirasakan sangat kuat oleh warga di Kabupaten Pacitan. Peristiwa itu bahkan mengakibatkan sejumlah rumah warga, fasilitas kesehatan, pendidikan serta perkantoran mengalami kerusakan cukup berat.

Erwin Adriatmoko, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan menjelaskan, rata-rata kerusakan rumah dan sejumlah perkantoran adalah dindingnya runtuh.

Data sementara yang sudah masuk, kerusakan rumah warga tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan. Kerusakan ringan hingga berat telah terdata sesuai dengan asesmen lapangan yang telah dilakukan petugas BPBD, berkoordinasi dengan semua pihak sejak semalam.

"Kerusakan rumah dan perkantoran merata di 12 kecamatan. Kebanyakan kerusakan akibat gempa semalam, pada plafon dan dinding rumah yang runtuh," jelasnya.

Meski demikian, Badan Penanggunlangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan masih terus memantau dampak kerusakan sekaligus melaksanakan pemantauan wilayah, karena di Kabupaten Pacitan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak semalam. Termasuk memantau ketinggian air laut pascagempa. 

“Petugas masih terus melakukan pendataan ke sejumlah wilayah. Sebagian petugas pemantauan ketinggian air laut dan patroli monitoring tanah longsor dan banjir," tambah Erwin Adritamoko, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan.

Diketahui sebelumnya, gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang  Bantul, Yogyakarta pada Jumat kemarin sekira pukul 19:57:43 WIB. Gempa bumi itu berpusat pada episenter 8.63 lintang seltan dan 110.08 bujur timur di kedalaman 25 kilometer. (asw/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral