diduga puntung rokok dibuang sembarangan, hutan jati terbakar.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, 3 Hektar Hutan Jati di Ponorogo Terbakar

Senin, 3 Juli 2023 - 21:42 WIB

Ponorogo, tvOnenews.com –  Hutan rakyat di area Gunung Prahu di Desa Tatung, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, terbakar. Kobaran api mulai terlihat sejak pukul 18.30 WIB. Hampir 3 hektar hutan yang berada di Gunung Prahu tersebut dilalap api. 

Warga dan perangkat desa langsung berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Sementara itu karena luasnya areal hutan yang terbakar, membuat warga kesulitan dan kewalahan memadamkan kobaran api. 

Banyaknya dahan dan daun kering membuat kobaran semakin besar dan meluas. Kondisi ini diperparah dengan angin yang berhembus sangat kencang. 

Kepala Desa Tatung, Rudi Sugiharto, saat dikonfirmasi di lokasi kebakaran hutan menjelaskan, kebakaran untuk pertama kalinya terjadi di Gunung Prahu semenjak tiga tahun terakhir. Diduga kebakaran hutan ini disebabkan karena orang membuang puntung rokok sembarangan. 

Saat ini perangkat desa dan warga berjaga agar api tidak merembet sampai ke pemukiman, pasalnya di balik gunung, terdapat banyak pemukiman warga. Selain itu, di bawah kaki gunung juga banyak lahan pertanian warga yang ditanami tembakau dan bengkoang, serta pipa saluran air warga. 

“Kebakaran ini diduga disebabkan karena puntung rokok yang dibuang sembarangan. Kebakaran ini pertama kali saat memasuki awal musim kemarau," terang Rudi.

Rudi menambahkan warga Desa Tatung sebenarnya sudah sangat sadar akan bahayanya kebakaran hutan, bahkan selama tiga tahun terakhir tidak terjadi kebakaran hutan di desanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral