Digelar Sepekan, Festival BEC Usung Kostum Kontemporer Pesona Ijen Geopark.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Digelar Sepekan, Festival Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) Usung Kostum Kontemporer Pesona Ijen Geopark

Selasa, 4 Juli 2023 - 13:41 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Festival kostum kontemporer Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) akan kembali digelar. Tahun ini digelar cukup lama, sekitar semingguan, mulai 4-9 Juli 2023 mendatang. Puncaknya, pada Sabtu (8/7) siang. BEC yang masuk Kalender Event Nusantara (KEN) ini mengusung tema The Magic of Ijen Geopark.

Konsep ini bukan tanpa alasan. Hal ini merupakan rasa syukur atas penetapan Ijen Geopark sebagai bagian dari jaringan geopark dunia oleh Dewan Eksekutif UNESCO Global Geopark (UGG). 

“Tema kostum BEC ini akan menunjukkan keindahan Ijen Geopark,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ahmad Choliqul Ridho, Selasa (4/7) siang.

Sedikitnya, ada tujuh situs Ijen Geopark yang menginspirasi sub tema BEC tahun ini. Selain kawah Ijen, ada Pantai Sembulungan, Pantai Parang Ireng, Pantai Sukamade, sampai Pantai Pulau Merah. Ada pula air terjun Lider dan kawasan Taman Nasional Alas Purwo.  

“Beragam inspirasi itu nanti akan dituangkan dalam bentuk desain kostum karnaval yang mempesona. Sebuah karnaval yang layak ditunggu,” ungkap Ridho.
 
Sebelum tampil di ajang BEC, para peserta menjalani penilaian yang ketat. Rata-rata, para peserta menyiapkan kostum cukup lama. Ada yang sampai sebulan, biayanya pun juga tak murah. 

“Saya membuatnya sebulan lebih. Kami menampilkan tema Kawah Ijen,” kata Dandy Putra Anggara, salah satu perancang kostum BEC.

Rancangannya menampilkan pernak pernik bernuansa Ijen. Mulai batu belerang dan blue fire, sehingga warna yang dipilih mirip eksotisnya pemandangan Kawah Ijen. Selain warna yang serasi, perancang harus membuat kostum seringan mungkin, sehingga tak berat ketika dipakai parade. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral