Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana melakukan tebar benih dan penen ikan lele.
Sumber :
  • tvOne - imron danu

Tebar Benih dan Panen Ikan Lele di Kediri, Khofifah Berharap Dapat Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 6 Juli 2023 - 19:37 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana melakukan tebar benih dan penen ikan lele bersama di Republik Lele, yang berada di Desa Tulungagung Rejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Kamis (6/7).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, di Jawa Timur ikan lele menepati urutan ke dua komoditas ikan setelah ikan bandeng.

"Lele menjadi komoditas terbesar kedua setelah bandeng. Jika budidaya lele terus digencarkan, kemungkinan komoditas lele bisa melebihi bandeng," jelas Gubernur Khofifah.

Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim telah melakukan percepatan budidaya ikan lele di seluruh wilayah Jawa Timur. Sementara Republik Lele merupakan sentra terbesar di wilayah Jatim. Dalam sehari Republik lele bisa menghasilkan 8-10 ton ikan lele dalam sehari.

"Marketnya luar biasa. Dari market yang dijangkau Republik Lele ini sebagian besar masih Surabaya dan yang diproduksi di sini saja (8-11 ton per hari)," imbuhnya.

Khofifah berharap daerah lain dapat mengadopsi sistem yang dilakukan oleh Republik Lele, untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Ia juga berharap agar ikan lele lebih ramah terhadap anak-anak, dengan berbagai olahan, sehingga anak-anak mau mengkonsumsi ikan lele karena memiliki protein tinggi sehingga dapat membantu menurunkan stunting di Jawa Timur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
Viral