Gelombang Selat Bali Berpotensi Naik, BMKG Minta Penyeberangan Waspada.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Gelombang Selat Bali Berpotensi Naik, BMKG Minta Penyeberangan Waspada

Sabtu, 8 Juli 2023 - 14:27 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Cuaca di Selat Bali berpotensi kembali tak bersahabat. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Banyuwangi memperkirakan gelombang di wilayah ini bisa mencapai 2,5 meter. Aktivitas penyeberangan diminta waspada.

Naiknya gelombang ini diprediksi akan terjadi pada Jumat (7/7) hingga Sabtu (8/7). Ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 1,25 – 2,5 meter. Sedangkan kecepatan angin di perairan tersebut diperkirakan 6 -15 knot atau sekitar 27 kilometer per jam, bertiup dari arah selatan-barat daya. 

“Dengan kondisi ini, aktivitas penyeberangan di Selat Bali diimbau waspada,” kata prakirawan BMKG Banyuwangi, Rahmayani.

Naiknya gelombang laut ini juga berpotensi di perairan selatan Banyuwangi. Ketinggian gelombang diprediksi berkisar 2 – 6 meter. 

“Ini kategori sangat tinggi. Harus waspada,” jelasnya.

Selain naiknya gelombang, Banyuwangi masih berpotensi dilanda hujan. Intensitasnya, ringan hingga sedang. Meski memasuki kemarau, hujan masih berpotensi mengguyur Banyuwangi. Penyebabnya, dinamika atmosfer skala regional hingga lokal. Atmosfer yang tidak stabil meningkatkan terjadinya hujan di wilayah Indonesia, terutama Banyuwangi.

Pihaknya juga mengimbau warga waspada munculnya cuaca ekstrim, seperti petir dan angin kencang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral