Keindahan Ijen Geopark Ditampilkan dalam Karnaval Busana Etnik.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Spektakuler, Keindahan Ijen Geopark Ditampilkan dalam Karnaval Busana Etnik

Minggu, 9 Juli 2023 - 06:00 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Ajang Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) digelar spektakuler, Sabtu (8/7) sore. Puluhan talenta membawakan beragam busana etnik bertemakan Ijen Geopark. Kostum yang ditampilkan menggambarkan beragam keindahan alam di Bumi Blambangan.

Meski menggunakan tema alam, kostum yang ditampilkan perancang lokal Banyuwangi ini cukup memukau. Ada eksotisnya Kawah Ijen dengan ikon belerang dan api biru. Keindahannya dituangkan dalam balutan busana klasik. Lalu, Semenanjung Sembulungan dengan keindahan hutan bambu dan batuan alam. Kemudian, Pantai Parang Ireng yang menyuguhkan nuansa batu hitam dan laut biru. Tak kalah memikat, Pantai Pulau Merah dengan ikon pulau di tengah laut. Yang menarik lagi, keragaman hayati Alas Purwo dengan sejumlah habitat langka dilindungi, mulai kijang, merak dan banteng.

Even BEC yang ke-10 ini tetap menarik para wisatawan lokal dan asing yang berlibur di Banyuwangi. Mereka terus mengabadikan setiap momen parade menggunakan ponsel masing-masing. Tak hanya wisatawan, sejumlah pejabat dari pusat ikut terkesima dengan festival tahunan ini. Salah satunya, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunawan Sadikin. 

“Ini memang luar biasa. Banyuwangi memiliki warisan budaya yang bagus, termasuk alamnya masuk dalam Global Geopark dari Unesco,” katanya.

Pihaknya berharap even ini bisa mendatangkan banyak wisatawan ke Banyuwangi, sehingga bisa mendongkrak ekonomi. Apalagi, masyarakat Banyuwangi dirasakan cukup ramah. 

“Masyarakat Banyuwangi sangat ramah, budayanya bagus,” tutupnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan, ajang BEC tak sekadar menjadi even budaya. Namun, memberikan kesempatan ekonomi bagi para pegiat UMKM. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
01:18
02:27
02:49
02:37
03:22
Viral