Pelabuhan Ketapang.
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Kapal Tabrak Dermaga, Kemacetan Kendaraan di Pelabuhan Ketapang Parah Lagi

Senin, 10 Juli 2023 - 01:05 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Cuaca Selat Bali yang tak bersahabat memicu insiden. Kapal Motor Penumpang (KMP) Gerbang Samudera yang hendak sandar di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menabrak dermaga, Minggu (9/7) sore. Insiden ini membuat dermaga mobile bridge (MB) 1 rusak. Dermaga ini terpaksa ditutup sementara selama perbaikan.

Penutupan dermaga ini kembali memperparah kemacetan kendaraan menuju Pelabuhan Ketapang. Padahal, antrean kendaraan sudah mulai berkurang. Karena satu dermaga rusak, antrean kendaraan mengular lagi.

Diduga, tabrakan ini dipicu kondisi gelombang tinggi. Sehingga, ketika kapal yang hendak sandar tak bisa dikendalikan. Moncong kapal menghantam tiang hidrolik dermaga. Saking kerasnya, bagian penyangganya rusak parah. Dermaga yang digerakkan mesin ini akhirnya tak bisa difungsikan. 

“Begitu terjadi kerusakan, langsung dilakukan perbaikan dengan cepat,” kata General Manager PT Indonesia Ferry (ASDP) Ketapang, Syamsudin.

Hampir lima jam melakukan perbaikan, dermaga masih belum difungsikan. Tim teknis masih bekerja keras mengembalikan fungsi dermaga agar kembali normal. Rusaknya satu dermaga ini membuat aktivitas bongkar muat kapal terganggu. Imbasnya, kendaraan yang akan menyeberang ke Bali kembali tersendat. 

Dalam kondisi normal, ada 7 dermaga yang beroperasi di lintasan Ketapang – Gilimanuk. Namun, beberapa hari terakhir, satu dermaga di sisi Pelabuhan Gilimanuk, Bali dilakukan perbaikan. Kondisi ini membuat kemacetan panjang kendaraan dari dua sisi pelabuhan.

Tragedi kemacetan panjang di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi mulai terjadi sejak, Minggu (2/7) lalu. Saking panjangnya, setiap kendaraan rata-rata harus menunggu berjam-jam untuk bisa masuk kapal. Versi ASDP Ketapang, kemacetan panjang dipicu lonjakan penumpang seiring libur Idul Adha dan libur panjang sekolah. Lalu, ada perbaikan dermaga di sisi Pelabuhan Gilimanuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral