sosok Panji Gumilang bagi warga Dusun Siraman, Kecamatan Dukun, Gresik.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Ini Sosok Panji Gumilang, Pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun di Mata Warga Dusun Siraman, Kabupaten Gresik

Senin, 10 Juli 2023 - 15:19 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Masyarakat di Dusun Siraman, Desa Sembung Anyar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, tidak asing lagi dengan sosok pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Syekh Panji Gumilang. Panji dikenal warga sebagai orang baik yang suka membantu warga di tempat kelahirannya dan sejumlah desa di sekitarnya.

Setiap tahunnya, tepatnya di momen Hari Raya Idul Fitri dan ketika Hari Raya Idul Adha, beliau selalu membagikan ratusan paket sembako dan menyumbangkan sapi kurban yang kemudian dagingnya dibagi-bagian kepada seluruh warga. Tahun ini saja ada dua sapi yang dikirim beserta beras dan minyak goreng untuk dibagikan kepada ratusan warga sekitar, yang meliputi Dusun Siraman, Gopaan, dan Karanganyar Dukun Gresik.

"Idul Adha nanti dibagikan kepada masyarakat sekitar, termasuk dengan daging kurban," tutur Adik Panji Gumilang, Abdul Wahib kepada awak media.

Adik Panji Gumilang ini juga menyatakan bahwa pemberitaan ajaran menyimpang di pondok pesantren Al Zaytun adalah fitnah. Menurutnya orang-orang bisa melihat pribadi Panji Gumilang tidak seperti yang ramai dibicarakan selama ini.

"Banyak fitnah. Banyak video yang dipotong-potong diberitakan tidak benar, disampaikan tidak benar. Dia sejak kecil seorang pendidik. Pejuang di dunia pendidikan," lanjutnya.

Abdul Wahib lalu menjelaskan, di lingkungan tempat tinggalnya kental dengan lingkungan pondok pesantren. Bahkan setelah mengenyam pendidikan di sekolah rakyat, Panji Gumilang pernah masuk Pondok Maskumambang Kecamatan Dukun Gresik, lalu ke Pondok Pesantren Gontor, baru melanjutkan pendidikan di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekarang menjadi UIN Syarif Hidayatullah.

Seperti dikabarkan sebelumnya, pihak keluarga dan sejumlah tetangga Panji yang ada di Gresik pondok pesantren Al Zaytun itu sejak kecil sudah berada di lingkungan pesantren. Tepatnya di Dusun Siraman, Desa Sembung Anyar, Kecamatan Dukun. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
02:45
Viral