Tim Survei Geologi Gunung Salakan.
Sumber :
  • Istimewa

Dikebut, Penelitian Sampel Batuan Gunung Salakan Libatkan Puluhan Warga Sekitar

Rabu, 12 Juli 2023 - 08:21 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Pagi buta, puluhan warga sudah berkumpul di sekitar Gunung Salakan, di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Mereka adalah warga sekitar yang bergabung dalam Tim Survei Geologi PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Di hari ke-28 ini, jumlah mereka yang terlibat tercatat ada 85 orang. Mereka terlibat dalam penelitian sampel batuan di Gunung Salakan.

“Hari ini sudah hari ke-28 Survei Geologi, saat ini ada 85 orang yang ikut bekerja,” ucap Koordinator warga, Mujiyanto, Selasa (11/7).

Pria asal Dusun Pancer, Desa Sumberagung ini menyebutkan, awalnya jumlah warga yang dilibatkan dalam Survei Geologi sebanyak 25 orang. Memasuki hari ke-20, masyarakat yang turut bergabung terus bertambah menjadi 55 orang. Padahal, medan berat harus mereka hadapi. Seperti masuk hutan, menyusuri sungai, hingga turun ke jurang.

Menyesuaikan kebutuhan serta menjawab aspirasi, jumlah warga yang dilibatkan dalam Tim Survei Geologi anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk kian menggelembung. Hingga hari ke-28, masyarakat yang ikut bekerja berada di angka 85 orang.

Dijelaskan, masyarakat yang bergabung dalam Tim Survei Geologi di Gunung Salakan berasal dari sekitar perusahaan. Khususnya wilayah ring satu Kecamatan Pesanggaran. Terutama warga Desa Sumberagung, yang merupakan tempat operasi tambang emas.

“Masyarakat sangat antusias dan senang bisa dilibatkan dalam project perusahaan. Mereka ada yang bertugas menjadi porter, pembuka jalan dan lainnya, mendampingi tim peneliti,” beber Moh, sapaan akrab Mujiyanto.

Andik, warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, mengaku senang, bisa bergabung dalam Tim Survei Geologi PT BSI. Dia berharap keberadaan tambang emas Tujuh Bukit atau Tumpang Pitu, bisa terus memberi manfaat kepada masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral