Petani cabai di Malang.
Sumber :
  • edi cahyono

Harga Cabai Anjlok, Petani di Karangploso Malang Gagal Panen dan Terancam Merugi

Kamis, 13 Juli 2023 - 08:32 WIB

Malang, tvOnenews.com - Tingginya hargai cabai rawit di pasaran yang sempat menembus Rp80.000 per kilogram, membuat masyarakat menjerit. Namun kini masyarakat bisa bernafas lega lantaran harga cabai telah kembali normal.

Akan tetapi, kondisi tersebut justru menjadi keluhan tersendiri bagi para petani cabai di Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Sejak dua pekan terakhir, harga jual cabai mereka ke tengkulak hanya Rp10.000. Harga tersebut telah mengalami kemerosotan tajam ketimbang sebelumnya yang mampu di hargai sebesar Rp24.000 per kilogram.

Rendahnya harga jual membuat para petani akhirnya merugi, karena penjualan hasil panen tidak mampu menutupi biaya produksi.

Kondisi tersebut diperparah dengan cuaca yang tak menentu, sehingga banyak lahan pertanian yang mengalami gagal panen karena cabai telah membusuk sebelum masa panen.

Sementara, untuk melakukan perawatan ekstra dengan memberikan pupuk dan vitamin, para petani tidak lagi memiliki anggaran.

“Ya akibatnya banyak lahan pertanian yang terserang hama dan akhirnya gagal panen, bahkan banyak tanam cabai membusuk dan banyak dibongkar untuk diganti tanaman lain,” kata Uce, petani cabai, Rabu (12/7).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral