cegah gesekan, tugu perguruan silat di Banyuwangi diusulkan dibongkar.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Tugu Perguruan Silat di Banyuwangi Diusulkan Dibongkar, Ini Alasannya

Jumat, 14 Juli 2023 - 21:45 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Gesekan yang kerap muncul antar perguruan silat di Banyuwangi mulai mendapat perhatian khusus. Muncul usulan, seluruh tugu perguruan silat di Bumi Blambangan dilakukan pembongkaran. Alasannya, simbol perguruan silat ini kerap memicu konflik antar kelompok pesilat. 

Sayangnya, wacana pembongkaran tugu perguruan silat belum disikapi secara kompak. Belum semua perguruan sepakat usulan tersebut. Dari 27 perguruan silat di Banyuwangi yang diundang, hanya 19 perguruan yang hadir. 

"Kita hadirkan perguruan silat untuk membahas instruksi dari Pemprov Jatim, IPSI Jatim dan Polda Jatim," kata Wakil Ketua IPSI Banyuwangi, Sugihariyono usai rapat koordinasi  perguruan silat di Banyuwangi, Jumat (14/7). 

Menurutnya, rencana pembongkaran atribut perguruan silat itu dilandasi berbagai alasan. Salah satunya, atribut tersebut dinilai kerap menjadi motif konflik antar perguruan.  

"Jadi, itu dinilai memicu konflik," jelasnya. 

Wacana pembongkaran ini tak sepenuhnya disepakati. Ada yang pro dan menolak. Beberapa memilih setuju. Sisanya, justru meminta dikaji ulang. Wacana ini nantinya akan dilanjutkan dengan berkoordinasi bersama Polresta Banyuwangi.

"Nantinya memang harus ada pendekatan. Kami akan koordinasi pula dengan Polresta Banyuwangi," tutupnya. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral