pawai obor sambut 1 Muharam.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Warga Lereng Gunung Semeru Gelar Pawai 1000 Obor Sambut Tahun Baru Islam, Ini Makna dan Tujuannya

Rabu, 19 Juli 2023 - 10:01 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H, ribuan warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang, menggelar kegiatan pawai obor, Selasa (18/7) malam.

Kegiatan pawai 1000 obor ini merupakan kegiatan rutin tahunan, yang selalu digelar warga yang bermukim di lereng Gunung Semeru.

Menurut Kepala Desa Penanggal, Cik Ono, selain sebagai tradisi yang sarat akan kearifan lokal, kegiatan pawai obor dalam rangkaian peringatan menyambut 1 Muharam ini, juga sebagai bentuk rasa syukur dan harapan warga.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar tradisi. Lebih dari itu, ini adalah suatu bentuk ungkapan rasa syukur kami atas segala nikmat, serta harapan kami akan kemakmuran, kedamaian serta dijauhkannya kami dari segala bentuk musibah dan bencana," kata Cik Ono kepada tvOnenews.com, Selasa (18/7).

Pantauan tvOnenews.com di lokasi, terlihat lebih dari seribu warga dan obor yang di arak dari perbatasan desa menuju lapangan Desa Penanggal dengan menempuh jarak 1,5 kilometer.

"Pesertanya membludak, lebih dari seribu mulai anak-anak hingga dewasa. Semua warga sangat antusias. Sepanjang jalan, juga banyak warga yang menyaksikan sambil ikut melantunkan sholawat nabi," jelasnya.

Cik Ono juga menyampaikan, bahwa dalam rangkaian kegiatan menyambut tahun baru Islam inj, juga digelar kegiatan arak-arakan gunungan hasil bumi serta ruwat air.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral