Teknik pengasapan ikan modern ala chef.
Sumber :
  • khumaidi

Teknik Pengasapan Ikan Ala Chef Hotel, Bisa Dicoba di Rumah

Jumat, 21 Juli 2023 - 11:59 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.comIkan asap memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Namun dibalik lezatnya ikan asap, ada proses pengasapan yang berisiko tinggi. Apalagi jika pengasapan dilakukan secara tradisional.

Paparan asap dari hasil pembakaran ikan sangat berpotensi menyebabkan masalah kesehatan pada pekerja atau orang yang melakukan pengasapan, yakni infeksi saluran pernapasan seperti PPOK, ISPA, dan Asma.

Selain itu, dikutip dari laman alodokter.com, lemak ikan yang jatuh ke bara dan terbakar juga akan menimbulkan asap. Asap dari pembakaran ini sendiri mengandung polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs), yang jika menguap ke atas dan terserap ke dalam daging ikan, dapat meningkatkan risiko kanker.

Oleh karenanya, untuk menghindari risiko tersebut, Executive Chef salah satu hotel di Sidoarjo, Danu Anggara membeberkan cara pengasapan modern minim risiko yang bisa diprakte=ikkan emak-emak di rumah.

Caranya pun sangat mudah dan menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur. Tak perlu menggunakan kayu atau batok kelapa yang menyebabkan banyak kepulan asap.

Danu menjelaskan, pengasapan modern yang biasa ia lakukan untuk membuat hidangan di hotel, hanya menggunakan oven dan smoke liquid atau asap cair yang lebih aman digunakan untuk makanan.

"Makanan yang diasapi dengan api hidup secara langsung, sangat berisiko menyebabkan kanker. Karena bahan bakar yang digunakan belum tentu higienis," ucap Danu saat ditemui di  Jalan Raya Kahuripan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral