Penampakan pocong taubat di MAN Surabaya.
Sumber :
  • sandi irwanto

Penampakan Pocong Tobat di MAN Surabaya, Ada Apa?

Jumat, 21 Juli 2023 - 15:30 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Menutup pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Surabaya digelar dengan suasana berbeda dibandingkan hari sebelumnya. Para siswa melakukan pawai dengan mengenakan berbagai macam pakaian tradisional yang menggambarkan tentang keberagaman masyarakat Indonesia yang majemuk.

Selain mengakhiri MPLS, kegiatan pawai siswa MAN Surabaya ini juga dalam rangka menyemarakkan tahun baru Islam 1 Muharam. Pawai yang diikuti sebanyak 1.200 siswa MAN ini dilakukan dengan keliling jalan dan perkampungan Wonorejo di sekitar sekolah mereka.

Dengan mengenakan berbagai macam pakaian tradisional dan arabian, para siswa MAN Surabaya menggelar pawai keliling. Peserta pawai ini juga membawa spanduk dan poster bertuliskan tentang  semangat menyambut tahun baru Islam. Para siswa ini tampak ceria dan bersemangat saat berjalan kaki mengikuti arah pawai. Selain itu, ada juga yang berdandan ala hantu pocongan yang digambarkan sudah bertobat.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah untuk seluruh civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka membumikan nilai-nilai moderasi beragama,” ungkap Muhammad Suwar, Waka MAN Surabaya.

Di samping itu, kata M Suwar, kegiatan ini untuk  mengingat sejarah hijrah yang memiliki makna perubahan yang luar biasa. Bagaimana kita harus berubah menuju masyarakat Indonesia yang Madani, masyarakat Indonesia yang bermoderasi beragama.

“Tema yang kita angkat kali ini  memperkuat kerukunan begitu juga kesatuan negara Republik Indonesia. Hal ini kita jaga dengan tetap menghargai nilai-nilai budaya lokal, memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk bisa bersama-sama menjadi bagian dari bangsa ini. Kita wujudkan dalam bentuk kegiatan pawai,” ucapnya.

Sementara itu, sejumlah siswa mengaku senang mengikuti pawai ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral