Kemenkumham Jatim Beri Layanan Bantuan Hukum Gratis di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Kemenkumham Jatim Beri Layanan Bantuan Hukum Gratis di Banyuwangi

Senin, 24 Juli 2023 - 13:07 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki cara unik memeriahkan HUT Kemenkumham ke-78. Mereka menggelar kegiatan sosial yang dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Senin (24/7). Diantaranya, pelayanan bantuan hukum gratis dan pengentasan stunting

Kegiatan ini sengaja dipilih di Banyuwangi dengan sejumlah alasan. Salah satunya, kekayaan alamnya yang eksotis dan beragam. Mulai dari pegunungan vulkanik yang subur, Gunung Ijen dan Gunung Raung. Ada lagi lautan yang mengelilingi wilayah utara, timur dan selatan. Kondisi ini menjadikan Banyuwangi  penghasil ikan terbesar di Jawa Timur. Hutan Banyuwangi juga mengagumkan. Diantaranya Baluran, Meru Betiri dan Alas Purwo. Ketiganya merupakan sumber utama oksigen bagi masyarakat Banyuwangi. 

Budaya Banyuwangi juga beragam. Budaya adat Osing dijadikan produk wisata melalui kuliner dan festival budaya. 

"Melihat besarnya potensi Banyuwangi, kami merasa perlu hadir untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum. Khususnya bagi masyarakat yang selama ini menggerakkan ekonomi melalui usaha-usaha kreatif dan memanfaatkan pariwisata sebagai ladang utama penggerak ekonomi," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari.

Kegiatan yang dipusatkan di Taman Blambangan Banyuwangi ini diisi dengan layanan program Kemenkumham. Diantaranya, pelayanan paspor, pendaftaran kekayaan intelektual seperti merek, hak cipta dan paten, ada layanan bantuan hukum gratis, termasuk pengaduan HAM. 

Ada juga layanan pendirian perseroan perorangan, legalisasi dan apostille, hingga penerbitan keterangan hak waris. Kegiatan juga dirangkaikan dengan Touring Bakti Sosial Pengentasan Stunting.

"Kami juga menyalurkan bantuan langsung untuk intervensi pengentasan masalah stunting baik untuk bayi stunting maupun bayi yang berpotensi stunting di Banyuwangi berupa 1600 paket makanan bergizi," jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral