Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Banyuwangi, Warga dan Pelaku UKM saling Berebut.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Banyuwangi Berlanjut, Warga dan Pelaku UKM Saling Berebut

Rabu, 26 Juli 2023 - 12:56 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Operasi pasar gas elpiji 3 kg terus berlanjut di Kota Banyuwangi, Rabu (26/7). Ada dua titik operasi yang menawarkan elpiji bersubsidi, seluruhnya dibanjiri warga. Mereka adalah warga biasa dan para pelaku UKM, yang rela antre untuk mendapatkan satu tabung gas.

Dua titik operasi pasar ini masing-masing di Kecamatan Kalipuro dan Cluring. Warga dari berbagai desa menyerbu lokasi terdekat. Sebelum operasi dibuka, antrean sudah mengular. Setiap warga membawa tabung gas kosong untuk ditukarkan dengan tabung isi. Untuk menghindari berdesakan, petugas operasi pasar menyiapkan kursi bagi warga yang antre. 

“Saya dua jam sebelum operasi dibuka sudah disini. Agar tak antre terlalu panjang,” kata Rere, salah satu warga.

Selain disiapkan kursi antrean, warga diminta menandai tabung kosong masing-masing. Tujuannya, tidak tertukar satu sama lain. Penukaran tabung ini dilakukan sesuai nomor urut. Operasi pasar elpiji 3 kg ini diakui cukup membantu, baik kalangan ibu-ibu maupun pelaku UKM. Sebab, mereka makin kesulitan mendapatkan tabung gas 3 kg. Bahkan, sejumlah UKM memilih libur berjualan akibat kelangkaan elpiji 3 kg. 

“Mau berjualan, tabung gasnya sulit. Ini membeli tabung untuk memasak di rumah saja,” kata Ana, penjual makanan.

Harga elpiji selama operasi pasar ini dipatok Rp16.000 per tabung. Namun, warga hanya dibatasi membeli satu tabung. Itu pun dengan syarat membawa fotokopi KTP. Satu titik operasi pasar ini dijatah sebanyak 560 tabung gas. Waktunya juga dibatasi maksimal pukul 12.00 WIB. Namun, sebelum itu, rata-rata tabung gas sudah ludes terjual.

Selama operasi pasar, warga juga bisa menukarkan 2 tabung gas 3 kg plus uang Rp60.000 dengan satu tabung berukuran 5,5 kg plus isinya. Operasi pasar ini sudah memasuki hari ketiga. Pemkab Banyuwangi menggandeng agen elpiji terus menggelar pasar murah elpiji untuk mengatasi kelangkaan. (hoa/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
01:50
23:20
10:14
01:42
10:39
Viral