Bluefire Ijen KOM Challenge di Banyuwangi dibuka.
Sumber :
  • happy oktavia

350 Pesepeda Siap Taklukkan Lereng Ijen dalam Bluefire Ijen KOM Challenge 2023

Sabtu, 29 Juli 2023 - 13:10 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Terjalnya lereng Gunung Ijen, Banyuwangi akan menjadi tantangan menarik para pesepeda Jatim. Sedikitnya 350 pesepeda akan menaklukkan lereng Ijen dalam ajang Bluefire Ijen KOM Challenge 2023. Mereka akan menempuh rute sepanjang 73,5 kilometer. Dari rute ini, tanjakan yang akan ditaklukan mencapai 2.050 meter.

Ajang balapan sambil berwisata ini yang kedua kalinya digelar di Banyuwangi. Namun, tahun ini, tantangannya dibuat lebih ekstrim. Start akan dimulai dari Pendopo Banyuwangi, lalu menyusuri sejumlah jalan protokol Banyuwangi. Puncak tantangan akan dimulai di kawasan Glagah. Lalu, terus menanjak hingga berakhir di pintu masuk pendakian Ijen, tepatnya di Pal Tuding.

“Kali ini, tanjakannya lebih berat dari Bromo. Pastinya, akan banyak cerita. Bisa sedih, ketawa atau lainnya. Pebalap asing saja ada yang menuntun sepedanya ketika menaklukan tanjakan Erek-erek Ijen,” kata Azrul Ananda, panitia Bluefire Ijen KOM Challenge 2023 yang juga founder mainsepeda.com kepada wartawan, Jumat (28/7) siang.

Tahun lalu, ajang serupa hanya mengambil finish di tanjakan Gantasan. Tak sampai ke pintu masuk pendakian Ijen. Alasannya, menghormati sejumlah atlet Banyuwangi yang meninggal akibat kecelakaan di tanjakan Erek-erek Ijen. 

“Tahun ini, kita finish di Pal Tuding. Jadi, ini adalah ajang Bluefire Ijen yang sesungguhnya,” tegas Azrul.

Banyuwangi kembali dipilih dalam ajang sepeda Trilogi Jatim ini lantaran jalurnya yang menantang. Terutama, sepanjang 26 kilometer menuju lereng Ijen. Selain menantang, alamnya juga indah. Sehingga, para pebalap bisa menikmati sejuknya udara sembari bersepeda. 

“Ajang ini tak hanya diikuti para penghobi sepeda. Tapi, juga atlet. Ini bagian dari pembinaan atlet,” kata Wakil Ketua ISSI Jatim, Guntur Priambodo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral