Perayaan Hari Anak Nasional.
Sumber :
  • edi cahyono

Puncak Peringatan Hari Anak Nasional, Gubernur Jatim Kampanyekan Penurunan Angka Stunting di Kota Batu

Minggu, 30 Juli 2023 - 12:50 WIB

Batu, tvOnenews.com - Kampanyekan penurunan angka stunting, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak ratusan anak-anak dari berbagai daerah di Jawa Timur makan telur dan minum susu bersama, kegiatan itu dilakukan dalam momen peringatan Hari Anak Nasional di Kota Batu, Sabtu (29/7).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, asupan gizi dalam bentuk protein dibutuhkan dalam upaya menurunkan stunting dan agar anak lebih tahu betapa pentingnya protein bagi tubuh,  

"Jadi, tadi anak-anak diajak makan telur bersama karena kita berharap bahwa protein ini akan menjadi bagian yang bisa memberikan asupan gizi kepada anak-anak kita, seiring dengan upaya menurunkan sunting di Jawa Timur," kata Khofifah. 

Sementara data yang ada menunjukkan untuk angka prosentase jauh antara Status Survei Gizi Indonesia (SSGI) dalam koridor Kemenkes dan aplikasi e-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). 

"Kalau Jawa Timur SSGInya 19,2 persen, nasional 21,6 persen, tapi e-PPGBM kita 7,3 persen, ini angka stunting," ujarnya. 

Data tersebut juga telah disampaikan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Khofifah bersama Tim Satu Data Jatim berharap adanya data rill yang sesuai. 

“Ayolah dicari titik kompromi supaya masing-masing kepala daerah itu secara maksimal bisa memberikan intervensi sesuai dengan data riil yang ada. Itu yang terus kami coba mendapatkan rekomendasi supaya ada sinkronisasi data sehingga intervensi stunting itu lebih presisi,” tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:29
02:52
06:56
11:04
11:40
06:22
Viral