Kemenag dan keluarga siap-siap sambut kedatangan jamaah haji.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Kemenag dan Keluarga Bersiap Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Jombang

Selasa, 1 Agustus 2023 - 10:23 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Kementerian Agama Kabupaten Jombang dan keluarga jamaah haji asal Jombang, bersiap-siap menyambut kedatangan jamaah haji. Meskipun pada tanggal 23 Juli lalu jamaah yang tergabung dalam kloter 49 telah tiba.

"Yang akan datang hari Rabu nanti tiga kloter. Kloter 77, 78 dan kloter 79. Jumlah seluruhnya lebih dari 1000 jamaah," jelas Muhajir Kepala Kankemenag Jombang, Senin (31/7). 
 
Untuk menyambut kedatangan jamaah haji 3 kloter tersebut, Kemenag dan Pemkab Jombang telah mengatur pola kedatangan bus rombongan haji dan penjemputan oleh keluarga.  

"Tiga kloter yang akan datang tanggal 2 Agustus nanti berbeda jam. Kloter 78 tiba di pendopo pukul 00.40 WIB, kloter 79 pukul 02.30 WIB dan kloter 77 pukul 8.30 WIB. Untuk koper berbeda dari biasanya, sekarang terpisah dengan jamaah, koper diambil di kantor kemenag Jombang sesuai jadwal yang kami bagikan," sambung Muhajir.
 
Disinggung soal ibadah umroh, Muhajir mengatakan setelah pemulangan jamaah haji selesai, ibadah umroh langsung dibuka. 

"Jamaah haji Jawa Timur terakhir kan kloter 88, setelah seluruh jamaah haji kembali ke tanah air masing-masing, ibadah umroh dibuka. Dan alhamdulillah minat ibadah umroh dari umat Islam saat ini luar biasa," jelasnya.
 
Tingginya minat umat Islam untuk beribadah umroh dibenarkan Erni Khoirun Nisa, Direktur PT Annisa Ahmada Travelindo Jombang. 

"Memang antusias untuk beribadah umroh sangat besar. Agustus ini kami sudah akan memberangkatkan lebih dari 500 jamaah. Yang banyak nanti September, berjumlah 1000 jamaah," ujar Khoirun Nisa, Senin (31/7). 

Meskipun pendaftarnya cukup banyak, namun pihaknya sangat selektif memilih mitra. Sebab telah berpengalaman menunda keberangkatan calon jamaah umroh akibat mitra kerjanya membatalkan tiket yang telah dibeli, sebanyak 32 tiket hanya sehari sebelum jadwal keberangkatan. 

"Untungnya segera ada solusi sehingga keesokan harinya telah bisa kami berangkatkan, dan urusan kami dengan PT Raya Al Madina perusahaan yang melayani 32 tiket calon jamaah umroh kami tersebut telah selesai. Seluruh biaya telah dikembalikan kepada kami," sambungnya.
 
Banyaknya peminat ibadah umroh menurut Khoirun Nisa dikarenakan panjangnya daftar tunggu ibadah haji. Sedang menurut Kepala Kankemenag Jombang Muhajir, selain panjangnya daftar tunggu juga dikarenakan kisah-kisah jamaah haji yang pulang dari Tanah Suci, sangat menyenangkan sehingga memiliki daya tarik tersendiri.
"Ya karena cerita-cerita dari jamaah haji sepulang dari Tanah Suci sangat menarik. Karena itu banyak umat yang sangat ingin segera tahu dan menginjakkan kaki di tanah haram," kata Muhajir. (usi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:23
01:01
15:36
01:13
10:09
07:45
Viral