Balita di Banyuwangi akan diimunisasi massal mencegah merebaknya Rotavirus.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Siap-siap! Balita di Banyuwangi akan Imunisasi Massal Cegah Rotavirus

Selasa, 1 Agustus 2023 - 16:22 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Para ibu pemilik balita di Banyuwangi harus bersiap melakukan imunisasi kepada anak-anaknya. Dalam waktu dekat, seluruh balita di Bumi Blambangan akan disasar imunisasi massal. Program ini mengantisipasi penyebaran Rotavirus, penyebab diare akut hingga memicu kematian.

Vaksinasi Rotavirus ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan. Kegiatan ini seiring tingginya kasus diare pada balita dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Termasuk di Banyuwangi. 

“Vaksin Rotavirus sudah disiapkan Kementerian Kesehatan. Kami di daerah siap menggelar imunisasi massal melalui seluruh Puskesmas,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Amir Hidayat, Selasa (1/8).

Vaksinasi Rotavirus ini akan digelar serentak. Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi masih menunggu jumlah vaksin dan petunjuk teknisnya. Sembari menunggu vaksinasi, Dinkes mengimbau warga menerapkan pola hidup bersih. Hal ini bisa mencegah merebaknya Rotavirus. 

“Cuci alat makan dan minum menggunakan air bersih mengalir. Lalu, sumber air bersih jaraknya harus jauh dengan septic tank. Minimal 11 meter,” jelas Amir.

Harapannya, dengan vaksin Rotavirus ini imun balita di Banyuwangi akan lebih kebal. Namun, yang terpenting, masyarakat bisa menjaga pola hidup bersih. 

Rotavirus menjadi salah satu penyakit mematikan bagi balita. Virus ini memicu diare akut, diikuti dehidrasi parah. Jika tak tertolong bisa berujung kematian pada balita.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral