Kebakaran gudang produksi plastik.
Sumber :
  • m habib

Astaga, Butuh Waktu 27 Jam dan 100 Lebih Tangki Air Padamkan Kebakaran Besar Pabrik Plastik di Gresik

Rabu, 2 Agustus 2023 - 10:05 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Kebakaran dahsyat yang melanda pabrik plastik PT Gunung Agung Sentoso di Kawasan Kepatihan Industri Menganti Gresik, sempat membuat petugas pemadam kebakaran kuwalahan. Besarnya kebakaran yang asap hitamnya membumbung tinggi hingga terlihat dari wilayah Kota Soto Lamongan itu, membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Gresik, harus membutuhkan sekitar 27 jam untuk memadamkan api, Selasa (1/8).

Tidak hanya merepotkan petugas pemadam kebakaran saat proses pemadaman, luasnya area kebakaran yang diperkirakan mencapai 14.000 meter persegi atau sekitar 1,4 hektar tersebut, juga membutuhkan sebanyak 100 tangki lebih atau sekitar 500 ribu liter air.

Hal itu diungkapkan Agustinus Halomoan Sinaga, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik, kepada tvOnenews.com. Dikatakan Sinaga, proses pemadaman dan pembasahan di pabrik milik Tomi Suhartono yang berlangsung mulai kemarin siang, Senin (31/7), baru selesai sekitar pukul 15.30 WIB, Selasa (1/8). Itu artinya petugas membutuhkan sekitar 27 jam sejak proses pemadaman dari sejak awal kejadian kebakaran.

“Kalau dihitung-hitung ya kurang lebih ada 100 tangki air dengan kapasitas 5000 liter yang dibutuhkan dalam proses pemadaman. Itu sampai hari ini hingga lokasi kebakaran dinyatakan kondusif,” jelas Kadis Sinaga pada tvOnenews.com, Selasa (1/8).

Meskipun demikian, dikatakan AH Sinaga, petugas hingga saat ini belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran pabrik plastik tersebut. Sementara kerugian masih dalam proses penghitungan.

“Menurut keterangan security pabrik, awal mula api diketahui dari arah timur belakang pabrik saat jam istirahat karyawan pabrik. Masih belum diketahui penyebabnya. Tiba-tiba api membesar dan meluas terkena hembusan angin yang cukup kencang,” tutur Sinaga.

Dikatakan Sinaga, saat awal kejadian kebakaran, api terus membesar dan menyambar gudang penyimpanan barang jadi plastik. Pihaknya pun menerjunkan puluhan personel dari pos Damkar Driyorejo, Menganti, dan Kota. Kemudian, empat mobil pemadam, dua mobil suolay, dan dua mobil panther. Serta beberapa unit mobil damkar bantuan dari Kota Surabaya dan pabrik di sekitar lokasi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral