Pembuatan ornamen Agustusan dari botol bekas.
Sumber :
  • khumaidi

Manfaatkan Botol Bekas Jadi Lampion Agustusan, Emak-emak di Sidoarjo Semarakkan HUT RI

Rabu, 2 Agustus 2023 - 13:38 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com Galon air mineral atau botol bekas seringkali berakhir di tempat sampah karena dianggap tak berguna. Namun di tangan emak-emak PKK RW 08, komplek Perumahan Griya Permata Gedangan, Desa Keboansikep, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, galon dan botol bekas air mineral disulap jadi lampion indah guna memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 2023.

Ada berbagai bentuk hiasan yang dibuat, antara lain lampion labu, lampion bunga, dan lampu taman. Lampion-lampion tersebut mulai dipasang pada awal Agustus untuk menyemarakkan perayaan kemerdekaan tahun ini yang mengambil tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

Hening Sawengi, salah satu perwakilan emak-emak PKK RW 08 mengatakan, barang bekas sengaja dipilih karena banyak dihasilkan oleh rumah tangga di lingkungan tersebut. Barang-barang ini biasanya dibuang begitu saja di tempat sampah sehingga tidak bernilai.

"Bahkan sampah botol plastik yang dibuang begitu saja berpotensi merusak lingkungan karena materialnya tidak bisa diurai," ucap Hening.

Sebelum dibuat menjadi aneka ornamen, botol-botol plastik bekas tersebut terlebih dahulu dipilah-pilah. Selanjutnya, dipilih sesuai dengan ornamen hiasan yang hendak dirancang.

"Untuk menghasilkan ornamen yang cantik, ditambahkan berbagai aksesoris seperti selotip warna-warni, cat spray, dan aksen bunga-bunga," imbuhnya.

Proses pembuatan pernak-pernik Agustusan dari botol bekas menghabiskan waktu selama satu minggu. Ide tersebut muncul dari salah satu anggota PKK. Dengan menerapkan konsep 'Kampung Cahaya' para emak-emak itu guyub rukun menciptakan hasil karya yang bermanfaat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral