Kegiatan petik laut dihadiri gubernur jatim di Desa Kalibuntu Probolinggo.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Tradisi Petik Laut di Probolinggo, Pengasuh Pesantren Genggong Ingatkan Masyatakat Tetap Jaga Kearifan Lokal

Rabu, 2 Agustus 2023 - 17:04 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Masyarakat Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar tradisi ritual petik laut di pantai setempat. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (2/8).

Tak hanya Gubernur Khofifah, yang hadir dalam acara tahunan tersebut. Salah satu pengasuh pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Gus dr Haris Damanhuri, turut hadir dalam acara tersebut.

Gus Haris, mengingatkan kepada para nelayan Kabupaten Probolinggo, khusunya Desa Kalibuntu untuk tetap menjaga kearifan lokal seperti petik laut yang merupakan rasa syukur terhadap alam yang menjadi ladang penghasilan utama masyarakat pesisir.

“Ini merupakan bentuk kearifan lokal yang perlu dilestarikan. Karena ini adalah sebuah bentuk syukur kita yang telah mendapatkan rezeki dari laut sebagai salah satu mata pencarian masyarakat pesisir,” ujar Gus Haris.

Sehingga lanjutnya, masyarakat Desa Kalibuntu diberikan keberkahan dengan penghasilan laut yang melimpah. Seperti salah satunya adalah nilai ikan hasil nelayan Kabupaten Probolinggo lebih tinggi dibandingkan Kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Timur.

“Acara ini juga disertai dengan acara sholawatan, istighosah. Tentunya denga harapan kedepannya kita mendapatkan hasil alam lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa nilai ikan hasil para nelayan yang ada di Desa Kalibuntu atau Kabupaten Probolinggo sangat tinggi di Provinsi Jawa Timur. Capaian tersebut merupakan angerah yang diberikan alam kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral