Pembangunan jembatan di jalur Pantura Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Info Penting! Jalur Pantura Banyuwangi Rawan Macet, Ini Penyebabnya  

Kamis, 3 Agustus 2023 - 12:57 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Jalur pantai utara (Pantura) Banyuwangi dibenahi. Sedikitnya empat jembatan yang menghubungkan jalur Banyuwangi–Situbondo ini dibangun. Selama pembangunan, arus lalu lintas diberlakukan sistem buka tutup. Proyek ini dimulai Agustus hingga Desember 2023.

Empat jembatan yang dibangun seluruhnya di wilayah Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Masing-masing Alas Buluh I, Alas Buluh II, Curah Sawo dan Wongsorejo.

Jembatan yang dibangun ini rara-rata sudah berusia tua. Bahkan, ada yang dibangun tahun 1942, yaitu Jembatan Wongsorejo yang panjangnya 4,5 meter dan lebar delapan meter. Lalu Jembatan Alas Buluh II yang dibangun tahun 1988. Jembatan sepanjang 3,7 meter ini rusak diterjang longsor tahun 2021 lalu. 

“Keempat jembatan ini akan dibangun selama lima bulan. Maksimal Desember sudah rampung,” kata Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim–Bali, Syaiful Fajar.

Proses pembangunan jembatan dilakukan satu sisi dulu. Setelah selesai, pembangunan dilanjutkan ke ruas lainnya. Selama proyek berlangsung, dilakukan rekayasa lalu lintas. 

“Kami mulai pengaturan lalu lintas dengan sistem buka tutup,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk mencari jalur alternatif selama proyek berlangsung. Sebab, pemberlakuan sistem buka tutup berpotensi memicu antrean dan kemacetan. Terutama, arus kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Ketapang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
05:51
01:35
02:53
01:13
01:10
Viral