Aktivitas Gunung Ijen Banyuwangi mulai berstatus normal..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Status Gunung Ijen Berubah Normal, Pengunjung Tetap Dilarang Menginap di Kawah

Kamis, 3 Agustus 2023 - 13:37 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Kabar gembira bagi para pecinta pendakian. Terbaru, Gunung Ijen Banyuwangi statusnya turun ke level normal. Sebelumnya, berstatus waspada alias level 2.

Penurunan status gunung setinggi 2.769 Mdpl ini setelah aktivitas kegempaan mulai menurun. Gempa vulkanik yang sempat naik berangsur fluktuatif.

“Status Gunung Ijen sekarang normal mulai 1 Agustus. Ini berdasarkan pengamatan aktivitas gunung yang cenderung turun, terutama gempa vulkanik dangkal,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen Banyuwangi, Suparjan, Kamis (3/8) siang.

Gunung Ijen dinyatakan status waspada sejak Desember 2022. Kala itu, Badan Geologi mencatat peningkatan aktivitas kegempaan. Setelah dilakukan pengamatan mulai Januari hingga Juli 2023, ditemukan kecenderungan penurunan tekanan pada kedalaman dangkal.

Hal ini dipicu aktivitas hydrothermal Gunung Ijen. Lalu, suhu danau kawah Ijen juga menurun. Dari hasil pengukuran pada 30 Juni, suhu air kawah menurun dibandingkan Desember 2022.

“Hasil pengamatan, bualan gas di danau tidak lagi nampak,” jelasnya.
Meski statusnya normal, para pengunjung masih diberikan batasan untuk mengunjungi kawah Ijen. Diantaranya, pengunjung tidak mendekati bibir kawah, termasuk turun ke dasar kawah. Pengunjung juga dilarang menginap di kawasah dengan radius 500 meter.
Imbauan selanjutnya, warga yang tinggal di sepanjang aliran Sungai Banyupait diminta waspada dari ancaman aliran gas vulkanik berbahaya.

“Warga juga diimbau menggunakan masker pelindung pernapasan jika mencium bau gas belerang menyengat,” tegas Suparjan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral