Kegiatan PILM.
Sumber :
  • m habib

Agar Masyarakat Kembali Gemar Membaca, Perpusnas Gelar PILM di Gresik

Jumat, 4 Agustus 2023 - 16:01 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Agar masyarakat kembali gemar membaca dan meninggalkan kebiasaan yang kurang ada manfaatnya saat waktu senggang, Perpusnas menggelar PILM di Gresik. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah mengajak masyarakat untuk mengalihkan kebiasaan buruk membaca dan memperoleh informasi hoaks dari media sosial dengan memanfaatkan bahan bacaan yang disediakan perpustakaan.

Wabup mendorong masyarakat agar giat membaca dan menulis karena dengan membaca, wawasan, dan pengetahuan mengenai dunia semakin terbuka.

“Dengan membaca, insyaAllah akan menguasai dunia. Mudah-mudahan dengan adanya bacaan yang diberikan kepada masyarakat dapat memberikan kesadaran akan pentingnya membaca,” ujarnya dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) bertempat di Gedung Nasional Indonesia, Kabupaten Gresik.

PILM merupakan kegiatan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang diselenggarakan di kota/kabupaten/provinsi di Indonesia. Di Kabupaten Gresik, PILM mengusung tema “Semangat untuk Sehat, Menuju Gresik Sehati dengan Literasi”.

Dia menambahkan, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi untuk meningkatkan kegemaran membaca guna meningkatkan produktivitas dan inovasi, terutama dalam kesehatan.

Sementara Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menjelaskan, pandemi Covid-19 mengajarkan masyarakat betapa berharganya kesehatan bagi kehidupan sehari-hari. Dia mengingatkan masyarakat pentingnya literasi kesehatan yang merupakan langkah awal masyarakat untuk mencapai kesehatan optimal.

Salah satu amanat Presiden Jokowi yang perlu menjadi perhatian adalah angka stunting yang masih tinggi. Stunting merupakan keadaan anak yang mengalami pertumbuhan terhambat akibat kekurangan gizi yang menyebabkan rendahnya IQ anak sebesar 20 persen di bawah rata-rata.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:00
00:49
00:40
01:30
09:45
Viral