Penggunaan biogas untuk memasak.
Sumber :
  • happy oktavia

Dampak Kelangkaan Elpiji, Warga di Banyuwangi Beralih ke Biogas dari Kotoran Sapi

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 11:17 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Dampak kelangkaan elpiji tiga kilogram membuat sejumlah warga di Banyuwangi memutar otak. Salah satunya, memanfaatkan kotoran sapi untuk biogas. Meski produksinya belum maksimal, biogas menjadi solusi di tengah sulitnya mendapatkan elpiji bersubsidi.

Biogas diolah dari kotoran ternak sapi. Ide ini muncul ketika elpiji melon menghilang dari pasaran. Alhasil, ketika banyak warga kelimpungan berburu elpiji, biogas menjadi solusi untuk memasak. 

“Saya pelihara tiga ekor sapi. Kotorannya kami manfaatkan untuk biogas. Lumayan, bisa untuk masak sehari-hari,” kata Machfud (51), warga Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, Sabtu (5/8).

Biogas yang diproduksi ini menjadi pendamping elpiji. Namun, ketika elpiji langka, biogas bisa menjadi penolong. Pun ketika elpiji tersedia, bisa menghemat biaya bahan bakar untuk memasak. 

“Sebelum pakai biogas, enam hari sekali beli gas melon. Sekarang gasnya lebih awet bisa dua minggu,” jelasnya.

Ide membuat instalasi biogas itu berawal dari pelatihan sebuah lembaga. Termasuk peralatannya. Proses pembuatan biogas juga sederhana, kotoran sapi dicampur air, lalu dimasukkan ke dalam tabung mixer. Kotoran ini selanjutnya mengalir ke dalam tabung gas hampa udara atau reaktor. Beberapa jam kemudian menghasilkan gas untuk memasak. 

“Setiap hari, kami isi 35 kilogram kotoran ternak. Hasilnya, bisa menyalakan kompor hingga dua jam,” kata Mastur (78), warga pengguna biogas lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral