Krisis Air Bersih, BPBD Ponorogo Droping Air ke Sejumlah Wilayah.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

Krisis Air Bersih, BPBD Ponorogo Droping Air ke Sejumlah Wilayah

Rabu, 9 Agustus 2023 - 11:43 WIB

Ponorogo, tvOnenews.com — Krisis air bersih mulai dirasakan warga di sejumlah desa yang tersebar di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo mulai menyuplai pasokan air bersih.

Seperti di Desa Duri, Kecamatan Slahung, yang mengalami krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini sejak awal bulan Juli kemarin. Droping air bersih dilakukan setelah pihak BPBD mendapat laporan permintaan dari Kades Duri. BPBD menyalurkan sebanyak 6000 liter air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Surono menuturkan mulai awal Agustus, sudah ada permintaan dari warga Dusun Jenggrik, Desa Duri, Kecamatan Slahung. 

"Kekeringan di Dusun Jenggring mulai dirasa sejak bulan Juli dan Agustus. Pihak desa mengirim surat laporan permintaan air bersih dan di dusun tersebut terdapat 56 kepala keluarga atau sekitar 150 jiwa yang sedang mengalami kekurangan air bersih,” terangnya. 

Musim kemarau yang terjadi saat ini menurut Surono berpotensi lebih lama. Sebab dari hasil prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bulan Agustus ini hanya awal sedangkan puncaknya pada bulan September mendatang.

Selain itu, dari hasil pemetaan yang dilakukan, sedikitnya ada 10 desa yang berpotensi mengalami kekeringan, termasuk Desa Duri, Kecamatan Slahung, yang slalu menjadi langganan kekeringan setiap tahunnya. (asn/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
06:27
Viral