Temuan 1 Rumah dengan 40 KK, Anggota DPRD Desak KPU dan Bawaslu Surabaya Bongkar Kasus Ini.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Aneh, Temuan 1 Rumah dengan 40 KK, Anggota DPRD Desak KPU dan Bawaslu Surabaya Bongkar Kasus Ini

Rabu, 9 Agustus 2023 - 12:06 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Kasus temuan satu alamat rumah digunakan untuk 40 Kartu Keluarga (KK) di Kota Surabaya menjadi sorotan banyak pihak, termasuk dari kalangan anggota DPRD Kota Surabaya yang menilai hal tersebut cukup riskan menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini sempat mencuat dan ramai menjadi perbincangan publik ketika masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 melalui sistem zonasi yang “titip alamat”, mendadak banyak warga pindah KK.

Tak hanya  saat menjelang PPDB, kasus ini bisa cukup riskan lantaran saat ini sudah memasuki tahun politik hingga pelaksanaan Pemilu 2024 nanti. Sehingga dinilai berpengaruh pada daftar pemilih.

Temuan adanya satu alamat rumah dengan 40 KK ini juga menjadi sorotan Anggota DPRD Jawa Timur Dapil Surabaya, Lilik Hendarwati. Karena itu, Politisi PKS ini menyambut baik kebijakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan perombakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadispendukcapil),  yang belakangan ini marak adanya temuan kasus tersebut.

“Kota Surabaya memang mesti berbenah sehingga menjadi kota yang lebih baik. Apalagi, dengan sumber dayanya yang luar biasa, APBD yang mencapai Rp11,2 triliun dengan jumlah penduduk hampir 3 juta jiwa. Jadi, memang harus menjadi perhatian yang luar biasa sebagai kota terbesar ke dua di Indonesia,” ungkapnya.

Lilik Hendarwati menyebutkan, kaitan dengan kasus KK yang satu rumah dengan jumlah KK cukup banyak, tentu hal ini dinilai ganjil dan tidak biasa terjadi di kota maupun daerah lainnya.

“Tentu ada hal yang tidak biasa-biasa saja dalam kasus ini. Hal yang perlu menjadi perhatian dan pertanyaan besar, kenapa ini terjadi pada saat ramai PPDB dan menjelang Pemilu 2024, ada peningkatan KK yang luar biasa dalam satu tempat, ini pasti ada sesuatu yang  tidak biasa,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral