Andy Royan.
Sumber :
  • Istimewa

Bikin Bangga, Anak Pedagang Es Oyen di Gresik Wakili Indonesia di Kejuaraan Balap Sepeda Skotlandia

Kamis, 10 Agustus 2023 - 16:28 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Sungguh membanggakan, keterbatasan ekonomi tidak membuat M. Andy Royan patah semangat dalam meraih cita-citanya. Anak dari seorang pedagang Es Oyen di Kabupaten Gresik itu, kini mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Remaja yang baru berusia 20 tahun itu merupakan warga Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Berasal dari keluarga sederhana tidak menyurutkan Royan, sapaan akrabnya, berlatih disiplin dan tidak main-main. Kedua orang tua Andy Royan berprofesi sebagai pedagang es oyen dengan menggunakan gerobak dan setiap hari berjualan di pinggir Jalan Raya Manyar. Andy Royan pun bercita-cita bisa mengangkat derajat kedua orang tuanya. Prestasi demi prestasi pun kini diraihnya melalui ajang balap sepeda.

Saat ini Andy Royan kembali mewakili Indonesia dalam kejuaraan internasional UCI Cycling World Championship 2023 di Glasgow, Skotlandia. Kejuaraan dimulai pada tanggal 9 hingga 12 Agustus 2023 mendatang.

"Syukur alhamdulilah bisa mengangkat nama Gresik dan mewakili negara," ujar Andy melalui pesan singkat, kepada awak media, Rabu (9/8).

Royan juga mengaku ingin meningkatkan derajat keluarga. Dia selalu mengingat betul perjuangan yang tak terlupakan saat jatuh bangun. Salah satunya pascalomba di Kuningan, Tour de Linggajati Kuningan. Saat itu dia tidak mendapat nomor dan tidak dapat juara.

Royan menuturkan, padahal selanjutnya dia harus ikut lomba di Tegal. Tidak memiliki biaya yang cukup untuk pulang, Royan bersama ayahnya akhirnya saat itu nekat tidur di Masjid Kuningan.

"Karena kehabisan uang saku, akhirnya ngecor berdua sama ayah di samping masjid selama dua hari agar bisa ikut kejuaraan. Saya ingat terus kata ayah, si miskin berhak punya mimpi," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral