Musim Kemarau, Puncak Merapi Ungup-ungup Banyuwangi Terbakar.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Musim Kemarau, Puncak Merapi Ungup-ungup Banyuwangi Terbakar

Jumat, 11 Agustus 2023 - 12:41 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Kebakaran melanda kawasan Puncak Merapi Ungup-ungup di Banyuwangi, Jumat (11/8/2023). Lokasi ini masuk kawasan Cagar Alam Kawah Ijen. Diduga, kebakaran dipicu musim kemarau. Api mulai merembet dan mendekati kawasan puncak Kawah Ijen.

Titik api mulai diketahui sejak tiga hari terakhir. Namun, kobaran api terlihat membesar, Kamis (10/8) malam. Bahkan, pemandangan ini terlihat jelas dari beberapa sudut kota Banyuwangi. Hingga Jumat siang, kepulan asap masih tampak membumbung tinggi. 

"Memang terjadi kebakaran hutan di sekitar puncak Merapi Ungup-ungup. Sudah terpantau masuk kawasan cagar alam Kamis siang,” kata Kepala Pos Taman Wisata Alam Ijen, Sigit Haribowo, Jumat (11/8/2023).

Belum diketahui berapa luasan hutan yang dilalap api. Namun, dari pemantauan sementara, luasannya sudah menembus belasan hektar. 

Titik api paling banyak berada di kawasan Perhutani Banyuwangi Utara. Sedangkan di kawasan cagar alam Ijen terpantau dua titik. 

“ Satu titik di utara puncak Merapi Ungup-ungup, satu lagi di barat Merapi Ungup-ungup. Lokasi api hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Ijen,” jelasnya.

Meski jauh dari kawasan pendakian Ijen, pihaknya tetap menyatakan siaga. Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk memantau perkembangan titik api. Termasuk, memantau di sekitar puncak Merapi Ungup-ungup. “ Kami sudah terjunkan tim bersama Perhutani dan Polsek Kalipuro. Intinya, kita pantau terus,” jelasnya lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral