Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat Membuka Rakernas IPI 2023 di Surabaya.
Sumber :
  • Syamsul Huda

Buka Rakernas IPI 2023 di Surabaya, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin Minta Pesantren Jaga Keamanan Santri

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 02:45 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, membuka secara resmi rakernas Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) 2023 di gedung Srijaya Kota Surabaya.

Dalam sambutannya dihadapan para kyai pengasih pondok pesantren, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin berpesan, agar pesantren benar-benar menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para santri yang merupakan generasi penerus bangsa. 

“Yang tidak kalah penting saya minta semua pesantren di seluruh Tanah Air untuk selalu menjaga keamanan para santri, anak-anak kita yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, dalam sambutannya, Jumat (11/8/2023).
 
 
Wapres juga meminta, agar pesantren beraoh dari para oknum yant berusaha merusak citra pesantren yang selama ini menjadi tempat para santri menimba ilmu agama. 
 
“Ini hati-hati ada banyak sekarang pesantren yang mencoreng nama pesantren, adanya kekerasan seksual di beberapa pesantren,” kata Wapres mengingatkan.
 
Wapres juga menyebut, bahwa saat ini, banyak oknum yang mengaku sebagai tokoh agama,  dan justru beritndak diluar etika, yang justru merugikan santri, dan nama baik pesantren. 
 
“Jadi ada beberapa pesantren yang kemudian kiai-kiainya, bukan kiai itu sebenarnya, pura-pura jadi kiai itu, mosok kiai begitu. Ini yang harus kita jaga,” ujar Wapres menunjukkan kekecewaannya. 
 
Sebagai wadah yang menaungi pesantren-pesantren di Indonesia, Wapres pun meminta IPI untuk berperan mengawasi penyimpangan-penyimpangan tersebut.
 
Sebelumnya, Ketua Umum IPI Abdul Muhaimin melaporkan, sebagai induk organisasi pesantren, IPI memiliki jaringan yang meliputi 33 dewan wilayah, dan sekitar 400 dewan cabang dengan visi mengokohkan agama, meneguhkan bangsa, serta misi Mandiri, Berdaya, dan Inovatif (MADAIN).
 
“Dengan adanya perhelatan nasional Ikatan Pesantren Indonesia, pesantren diharapkan mampu menjadi dinamisator di setiap lingkup wilayahnya sehingga pesantren dapat menjadi kompas kehidupan masyarakat di era disrupsi, utamanya di bidang keagamaan. Dan menjadi benteng dari masuknya berbagai faham keagamaan yang mengancam moralitas dan keutuhan bangsa,” ujarnya.
 

Hadir dalam acara ini, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Walikota Surabaya Eri Cahyadi,  Forkopimda Jatim, para ulama se-Jatim, dan perwakilan pimpinan pesantren dari berbagai wilayah di Indonesia. (sha) 

 

 
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral