Warga di kawasan Rungkut Mapan, Surabaya menggelar berbagai acara peringati HUT RI.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Warga di Surabaya Dihibur Kesenian Reog Ponorogo dan Bazar UMKM Merah Putih

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:16 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Semarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun, warga di kawasan Rungkut Mapan, Surabaya menggelar berbagai acara untuk menghibur warga. Diantaranya, selain beragam lomba, warga juga dihibur atraksi kesenian tradisional Reog Ponorogo dan bazar UMKM Merah Putih, produk warga setempat.

Kesenian tradisional Reog Ponorogo menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun, yang digelar warga di lapangan Rungkut Mapan Barat RW 8 Surabaya. Berbagai atraksi Reog disuguhkan untuk menghibur warga setempat. Seperti singo barong mengangkat warga, semburkan api dari mulut, jatilan salto dan jaranan yang dilakukan gadis-gadis cantik.

Salah seorang senima Reog yang melakukan atraksi singo barong mengangkat ketua dan pengurus RW setempat di atas kepala singo barong tersebut. Meski cukup berat bagi orang biasa, namun seniman reog tersebut mampu mengusungnya sambil menari-nari. Tepuk sorai warga pun membahana memberi semangat sang pekerja seni tersebut.

“lagi, lagi, ayo siapa yang naik lagi di atas singo barong,” pekik pemimpin reog tersebut sambil mencambukkan cemeti ke udara.

Memang, atraksi kesenian tradisional Reog Ponorogo ini mendapat sambutan antusias dari warga, mulai anak-anak hingga kalangan orang tua. Hal ini juga mengenalkan kepada anak-anak, bahwa Indonesia memiliki kesenian tradisional Reog Ponorogo yang telah diakui dunia.

“Pada gelaran ini, kami pengurus RW tidak hanya menghibur warga di sini, namun juga ingin mengenalkan kesenian tradisional Reog Ponorogo kepada anak-anak di lingkungan tempat tinggal kami. Bahwa negeri ini memiliki kesenian tradisional Reog yang sudah dikenal dan diakui oleh dunia internasional,” ungkap Hariyanto, Ketua RW 08 RMB, Surabaya.

Selain itu, antusiasme warga ini karena dua tahun terakhir ini tidak ada kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI karena adanya pandemi Covid 19. Karena itu, warga mengaku senang dan sangat terhibur dengan adanya acara tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
08:40
Viral