Kopi robusta Banyuwangi didaftarkan paten geografis di Kemenkumham..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Memiliki Rasa Unik, Kopi Robusta Banyuwangi akan Dipatenkan

Senin, 14 Agustus 2023 - 17:48 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Kopi robusta Banyuwangi segera dipatenkan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Komoditi khas Bumi Blambangan ini layak mendapatkan sertifikat hukum lantaran memiliki rasa unik. Selain itu, didukung posisi geografisnya.

Rencananya, Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan mendaftarkan kopi robusta untuk mendapatkan paten indikasi geografis. Artinya, kopi robusta Banyuwangi akan mendapatkan paten sesuai lokasi asal, lingkungan geografis dan faktor manusianya.

"Kita akan daftarkan ke Kemenkumham, Selasa besok," kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Ilham Juanda, Senin (14/8).

Harapannya dengan mendapatkan paten indikasi geografis, produk kopi robusta Banyuwangi akan terlindungi. Lalu, brand produknya juga akan terangkat.

Sejatinya, persiapan pendaftaran indikasi geografis ini sudah dilakukan sejak 2019. Pihaknya fokus menyiapkan berkas-berkas dan syarat pendaftaran paten itu.

"Kami sudah melakukan pemetaan kopi robusta di Banyuwangi. Mulai dari asal usul, karakter rasa, dan kekhasannya," jelasnya.

Selama pengurusan berkas, pihaknya dibantu Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Setelah berkas diajukan, tim Kemenkumham akan memverifikasi keabsahan dokumen. Kemudian proses verifikasi lapangan. Harapannya, proses verifikasi bisa selesai dalam waktu tiga bulan. Targetnya, Desember mendatang paten indikasi geografis kopi robusta Banyuwangi bisa terbit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral