Lomba daur ulang sampah di Gresik.
Sumber :
  • m habib

Meriahkan HUT ke-78 RI, Warga Gresik Gelar Lomba Daur Ulang Sampah dan Kampung Bersih

Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:10 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Untuk memperingati dan meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, dan sebagai wujud cinta akan kebersihan lingkungan, warga Betoyoguci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menggelar lomba daur ulang sampah dan kampung bersih yang melibatkan seluruh rukun warga, pada Rabu (16/8).

Dalam kegiatan lomba yang dimotori oleh Pemerintah Desa Betoyoguci tersebut, aneka kreasi kerajinan tangan dari hasil daur ulang sampah di sekitar lingkungan warga, diperlombakan untuk mendapatkan penilaian dewan juri. Para peserta lomba dibagi menjadi lima kelompok yaitu RW 1, 2 , 3, 4 dan 5.

Nah uniknya, dari masing-masing bank sampah milik warga desa itu, terdapat aneka produk daur ulang kerajinan tangan, yang berbahan dasar daur ulang dari sampah seperti souvenir, tempat tissue, asbak, rak buku, mainan anak, tudung saji, pot bunga hingga kerajinan dari limbah koran bekas.

"Bank sampah ada di 5 RW. Itu semuanya ada bank sampah di masing-masing RW. Kegiatannya dua Minggu sekali ada penimbangan sampah, kata Kepala Desa Betoyoguci, Mohammad Suhel.

Masih menurut Suhel, agar berlangsung fair, pihak desa juga menghadirkan tim juri khusus dari Kecamatan Manyar. Dan untuk lomba kampung bersih menghadirkan tim juri dari PKK Kecamatan Manyar Gresik.

Dijelaskan Suhel, adapun manfaat yang dirasakan warga dari lomba kampung bersih agar warga berinovasi, berkreasi di UMKM yang bisa menambah penghasilan keluarga yang masih kurang.

"Kami berharap agar desa semakin hijau dan lingkungan terjaga," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
01:19
00:55
25:37
01:06
01:48
Viral