Pembakaran rumput di sekitar jalur KA.
Sumber :
  • miftakhul erfan

Bakar Sampah dan Rumput di Sekitar Jalur Kereta, PT KAI Daop 7 Madiun: Jangan! Ganggu Perjalanan KA

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:04 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Memasuki musim kemarau berdampak pada banyaknya semak dan ilalang kering di sepanjang jalur KA. Namun demikian, PT KAI Daop 7 Madiun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakarnya atau melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran di sekitar jalur kereta api. 

Pasalnya, kegiatan tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan gangguan pada perjalanan kereta api. Terlebih jalur KA mayoritas melintasi area persawahan dan perbukitan, masih banyak dijumpai para petani yang membakar sampah, ilalang bekas panen di sekitar jalur rel KA. 

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto menyampaikan imbauan ini dalam press releasennya, Rabu (16/8), jika terjadi kebakaran yang berdekatan dengan jalur KA, masinis KA yang melewati lokasi tersebut akan mengurangi kecepatan kereta apinya, bahkan sampai berhenti, untuk memastikan bahwa dampak kebakaran tersebut tidak akan mengganggu rangkaian KAnya. 

Masinis kemudian melaporkan gangguan tersebut kepada pusat pengendali perjalanan KA, untuk disampaikan kepada unit terkait serta KA–KA selanjutnya yang akan melewati perlintasan tersebut. 

“Selain asap yang dapat menghalangi pandangan masinis KA, api dari pembakaran sampah, ilalang bekas panen tersebut juga dapat mengancam keselamatan perjalanan kereta api, mengingat BBM yang ada di lokomotif, rangkaian, ataupun jika terdapat kereta api barang yang membawa muatan mudah terbakar dapat memicu terjadinya kebakaran,” ujar Supriyanto.

Supriyanto menjelaskan, dalam dua minggu ini di wilayah Daop 7 Madiun melalui laporan masinis, telah terjadi tiga kebakaran yang berdekatan dengan jalur kereta api. Penyebab terjadinya kebakaran di jalur KA tersebut antara lain aktivitas membakar sampah ataupun ilalang, sehingga api maupun asap sampai mendekati jalur KA. 

“Selain itu kebakaran di sekitar jalur KA juga dapat tejadi karena perilaku membuang puntung rokok sembarangan, sehingga membuat rumput atau ilalang yang sudah kering di sekitar jalur KA, terbakar,” sambung Supriyanto.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral