Peluncuran KA Blambangan Ekspres.
Sumber :
  • happy oktavia

Kereta Api Blambangan Ekspres Diusulkan Tembus Jakarta, Begini Respon KAI

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:58 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com -  Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres rute Banyuwangi–Semarang diusulkan bisa tembus hingga Jakarta. KA ini banyak diminati konsumen lantaran bisa berangkat dari Banyuwangi dan sebaliknya. Terkait usulan perpanjangan rute ini, PT KAI memastikan sedang melakukan kajian rute.

Selama ini, KA Blambangan Ekspres hanya sampai di Semarang. Tingginya animo konsumen, KA ini direncanakan bisa diperpanjang hingga ke Jakarta. 

“Kita masih menggodok kajian pola lalu lintas perjalanan KA Blambangan Ekspres dari Ketapang ke Stasiun Senen, Jakarta. Jadi sedang kita kaji. Terutama mengenai kapasitas lintasnya. Jika mumpuni, kita akan operasikan,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI, Didiek Hartantyo di sela kunjungan kerja di Banyuwangi, Selasa (15/8) kemarin.

Kajian lalu lintas ini agar tidak mengganggu perjalanan KA lainnya. Pasalnya, jalur rel memiliki kemampuan maksimal dalam melayani perjalanan KA. Sebelumnya, KAI Daop 9 Jember telah melakukan survei KA Blambangan Ekspres. Diantaranya, potensi pasar dan minat masyarakat terkait perpanjangan rute Banyuwangi-Jakarta PP. Hasilnya, respon masyarakat hampir 100 persen setuju. 

"Hasil survei juga sedang kita pelajari, yang jelas rencana perpanjangan rute Banyuwangi-Jakarta masih dalam proses kajian di perusahaan," tutupnya.

KA Blambangan Ekspres mulai beroperasi sejak 2 Desember 2022 lalu. Rencana perpanjangan rute tembus Jakarta ini berdasarkan keinginan masyarakat. Sebelumnya, KAI mengoperasikan KA Pandalungan rute Jember-Stasiun Gambir, Jakarta PP. 

"Berdasarkan animo masyarakat, banyak berharap jangan berhenti di Jember. Namun, bisa melayani dari Banyuwangi langsung ke Jakarta," kata Pelaksana harian (Plh) Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
01:03
26:59
25:31
06:57
09:47
Viral