warga dan pengungsi warga negara asing kibarkan bendera merah putih.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Peringati HUT RI ke 78, Warga dan Pengungsi Warga Negara Asing di Jemundo, Sidoarjo, Kibarkan Bendera Merah Putih

Kamis, 17 Agustus 2023 - 12:55 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com – Turut berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke 78, ratusan warga dan pengungsi warga negara asing, yang tinggal di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, mengibarkan bendera merah putih secara bersama-sama. Dalam suka cita peringatan kemerdekaan ini, tak sedikit para pengungsi asing ingin tinggal sebagai warga negara Indonesia, yang dinilai sebagai negara makmur dan bersahabat.

Bendera merah putih ini sebelumnya didapat dari Pemprov Jawa Timur, yang kali ini menyediakan sebanyak 2000 bendera dan dibagikan secara gratis. Meski saat ini puncak peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, namun tampak sejumlah warga dan pengungsi asing ini berebut untuk mendapatkan bendera.

Mirza Muttaqien, Direktur Utama PT Jatim Grha Utama perwakilan Pemprov Jatim, memaparkan pembagian hari ini 2000 bendera ke beberapa tempat termasuk untuk para pengungsi ini.

"Kita hadir disini untuk memeriahkan bersama-sama, mereka selain masyarakat juga para pengungsi, kita bagikan bendera secara gratis kepeda masyarakat dan juga mengajak para pengungsi asing agar bisa memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini,” jelasnya.

Sementara itu, menurut MA pengungsi dari Afganistan mengemukakan tanggapannya, Indonesia negara yang aman untuk ditinggali. 

"Kita para pengungsi asing pencari suaka yang tinggal di Rusun Jemundo ini, ingin sekali dapat menjadi warga negara Indonesia, yang dinilai sebagai negara makmur dan bersahabat, berbeda dengan negara asal mereka yang penuh dengan konflik," pungkasnya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral