Peringati Detik-Detik Proklamasi, Ratusan Pengendara di Simpang Lima Joyo Madiun Berhenti Sejenak.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Peringati Detik-Detik Proklamasi, Ratusan Pengendara di Simpang Lima Joyo, Madiun, Berhenti Sejenak

Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:07 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Tepat pukul 10.00 WIB, ratusan pengendara sepeda motor, mobil,  bus dan truk yang melintas di Simpang Lima Joyo, Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, berhenti sejenak, setelah diberhentikan sejumlah anggota kepolisian dan Dishub setempat, Kamis (17/8). 

Polisi menghentikan arus lalu lintas ini bukan tanpa sebab, sebanyak 5 titik simpang 4 dan 5 yang ada di Kota Madiun, secara serentak berhenti sejenak selama 60 detik untuk mengikuti kegiatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 78. 

Sontak, pengendara sepeda motor pun turun dari kendaraannya untuk memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang dibawa siswa pramuka, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kanit lantas Polsek Kartoharjo AKP Solikun mengatakan tujuan menghentikan aktivitas pengguna jalan yang melintas di simpang lima Joyo adalah untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

“Benar ini tadi kami bersama anggota dishub dan adik kita dari Pramuka sengaja menghentikan aktivitas lalu lintas pengendara untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan,” ucap Solikun. 

Solikun mengaku, selama 60 detik petugas mengibarkan bendera merah putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah selesai aktivitas kembali normal seperti biasanya.

“Jadi ada 5 titik kegiatan serupa yang bertujuan untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengenang bahwa hari ini 78 tahun yang lalu Indonesia memproklamirkan kemerdekaan dari penjajah,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
01:15
Viral