Napi Lapas Banyuwangi dapat remisi di HUT RI.
Sumber :
  • happy oktavia

569 Napi Lapas Banyuwangi Diganjar Remisi Kemerdekaan, Mayoritas Kasus Narkoba

Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:15 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sebanyak 569 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi mendapatkan hadiah remisi di momen HUT Kemerdekaan RI, Kamis (17/8). Dari sekian napi, mayoritas adalah kasus narkoba.

Para napi ini mendapatkan pengurangan masa tahanan secara beragam. Mulai satu bulan hingga enam bulan. Paling banyak adalah remisi tiga bulan sebanyak 230 orang. 

“Yang remisi tiga bulan ini paling banyak perkara narkoba,” kata Kepala Lapas Banyuwangi, Wahyu Indarto usai upacara detik-detik Proklamasi, Kamis (17/8) siang.

Jumlah napi yang mendapatkan remisi ini persis dengan yang diajukan. Sebelumnya, pihaknya mengajukan remisi menjelang HUT Kemerdekaan RI. Rinciannya, 263 orang perkara narkoba, 35 orang kasus pelanggaran Undang-undang Kesehatan, perkara lalu lintas enam orang, kasus perlindungan anak 124 orang dan kasus pencurian 64 orang. Dari sekian napi yang diusulkan mendapatkan remisi, seluruhnya dikabulkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Mereka yang mendapatkan remisi ini melalui sejumlah tahapan penilaian. Diantaranya, berkelakuan baik dan sudah menjalani masa hukuman selama enam bulan sebelum masuk Lapas. Lalu, perkaranya sudah diputus pengadilan dan dieksekusi oleh jaksa.

Dari sekian napi yang mendapatkan kado remisi, 10 diantaranya langsung bebas. Mereka kebanyakan sudah menjalani masa hukuman selama dua tahun. Salah satu napi yang bebas adalah warga negara Iran yang tersandung kasus penipuan. 

“Kami sudah mendapatkan SK remisi. Yang bersangkutan langsung bebas. Selanjutnya, akan koordinasi dengan imigrasi,” kata Wahyu.
Meski secara administrasi memenuhi syarat, tidak semua napi mendapatkan remisi. Ada sejumlah napi yang tidak diajukan memperoleh remisi akibat melakukan pelanggaran. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:43
03:42
03:43
08:21
01:18
03:15
Viral