Upacara bendera di TPS.
Sumber :
  • khumaidi

Puluhan Pekerja Pemilah Sampah Lakukan Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan ke-78 RI di TPS

Kamis, 17 Agustus 2023 - 19:13 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Puluhan pekerja pemilah sampah di Sidoarjo, melakukan upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke-78 RI. Upacara ini digelar di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Jabon, Sidoarjo.

Sejak pagi, puluhan pekerja pemilah sampah yang biasa mengambil sampah ke rumah-rumah warga ini berkumpul di TPA Jabon. Dengan inspektur upacara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bahrul Amig, upacara bendera yang dilakukan di tengah-tengah lapangan TPA berlangsung khidmat.

Mereka mengenakan seragm DLHK serta memakai helm pekerja, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, bersama-sama dengan memberikan penghormatan Bendera Merah Putih yang sudah dikibarkan. 

Bahrul Amig mengatakan, kegiatan upacara ini sebagai bentuk apresiasi kepada para pejuang pendahulu bangsa. Mereka yang telah merelakan jiwa raga dan harta bendanya untuk mewujudkan kemerdekaan yang menjadi impian bangsa pada saat masa penjajahan. 

"Ini rasa nasionalismenya sangat tinggi. Itu terbukti bahwa mereka ikut memperingati HUT kemerdekaan ke-78 RI, meski di lokasi TPA," kata Amig di lokasi. 

Amig menyebut, saat ini sebagai penerus bangsa, semua warga negara harus mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara. Serta melakukan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara melalui bidang dan keahlian masing-masing. Termasuk para pekerja pemilah sampah di TPA Jabon Sidoarjo. 

"Sebenarnya tugas mereka ini sangat mulia, karena setiap persoalan sampah baik di kota maupun di desa membutuhkan tenaga dan penanganan para pekerja pemilah sampah ini," ungkap Amiq.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral