Petani tembakau di Probolinggo memasuki masa panen raya.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Berkah Musim Kemarau Tiba, Petani Tembakau di Probolinggo Panen Raya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:55 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Seiring musim kemarau tiba, terpantau kurang lebih ada 900 hektar lahan tanaman tembakau yang tersebar di sembilan kecamatan di bagian timur wilayah Probolinggo, yaitu Kota Anyar, Paiton, Pakuniran, Besuk, Kraksaan, Gading, Krejengan, Pajarakan dan Maron, telah memasuki masa panen raya.

Taufik petani tembakau warga Desa Besuk mengatakan, jika petani tembakau di tempatnya mulai melakukan panen raya, Selasa (22/8).

"Memasuki cuaca panas tiba, picu hasil kualitas daun tembakau bagus dan harganya cukup tinggi dibanding tahun lalu," katanya.

Saat ini harga pasar tembakau Rajang di kalangan petani berkisar dari Rp55.000 sampai Rp65.000 per kilogramnya dengan jenis daun bawah.

"Alhamdulillah, harga tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan harga tahun lalu yang hanya berkisar antara 40.000 sampai 50 000 per kilogramnnya," tambahnya.

Hal senadah juga diungkapkan Amin sebagai petani tembakau, kalau dilihat dari kualitas tembakau diperkirakan harga terus naik seiring dengan masa panen pada daun menengah ke atas.

"Namun naiknya harga tembakau tahun ini membuat sejumlah petani tembakau masih merasa was was. Pasalnya tingginya harga tembakau saat ini karena dibeli oleh gudang gudang kecil bukan oleh gudang besar seperti Gudang Garam masih belum buka pembelian," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
01:18
03:15
01:04
01:48
09:36
Viral