KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mengunjungi Kampung Pancasila.
Sumber :
  • happy oktavia

Berkunjung ke Banyuwangi, KSAD Dudung Abdurachman Puji Kampung Pancasila

Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:24 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu (23/8) siang. Orang nomor satu di matra darat ini mendatangi Kampung Pancasila di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari. Dia memuji kerukunan antarberagama di desa ini yang terjalin erat.

Kampung Pancasila merupakan salah satu program TNI AD. Kebijakan ini dibuat ketika dirinya mulai menjabat Pangdam Jaya. Lalu, dilanjutkan ketika menjadi KSAD. 

“Dahulu, negara kita bisa merdeka karena perjuangan semua suku dan agama. Pondasinya Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” kata Dudung.

Pihaknya mencontohkan negara di timur tengah yang hanya satu agama dan dua suku. Namun, bisa hancur. Sedangkan Indonesia memiliki 20.000 pulau dan suku. Kondisi ini, menurutnya jangan sampai terganggu. Dia mencontohkan ketika bertugas sebagai Gubernur Akmil. Pihaknya membangun Gereja Katolik dan Pura. Hal ini untuk memberikan kesempatan seluruh taruna beribadah di tempat ibadah masing-masing. 

“Ketika di Kodam Jaya, saya juga membangun pura. Ini untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua pemeluk agama,” jelasnya lagi.

Pihaknya berharap kerukunan di Kampung Pancasila Patoman bisa menjadi contoh daerah lain di Indonesia. Menurutnya, perbedaan adalah sesuatu yang indah jika dibarengi dengan semangat gotong royong. 

“Kerukunan ini harus disosialisasikan. Perbedaan itu akan indah jika bisa saling membantu,” tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral