Kondisi Waduk Brumbung di Jombang.
Sumber :
  • Umar sanusi

Waduk Mengering, Petani di Jombang Sesuaikan Jenis Tanaman

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:44 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia mulai berdampak pada lahan pertanian di Jombang. Terutama di daerah yang mengandalkan pengairan dari waduk atau embung. Seperti yang terjadi di Waduk Brumbung, Desa Mangunan, Kecamatan Kabuh, Jombang. Sejak satu bulan lalu, kondisi waduk mengering, kini menjadi hampaaran tanah yang retak-retak.

Terhadap kondisi yang rutin dialami, petani berusaha menyesuaikan. Ketika musim kemarau, para petani menyesuaikan jenis tanaman yang ditanam. Saat waduk berisi air penuh, petani menanam padi sebagai penghasilan hidup sehari-hari. Namun saat kondisi air sulit, mereka memilih menanam tembakau.

“Iya harus diatur, saat musim penghujan ya tanam padi saat kering ya tanam tembakau,” kata Wahyu, salah satu petani, Kamis (24/8).

Petani asal Desa Mangunan ini mengakui, permasalah kekeringan di waduk ini memang sudah dianggap biasa oleh petani. Mereka berharap embung yang sudah puluhan tahun ada ini, bisa memberikan manfaat saat dibutuhkan. Sehingga meskipun musim kemarau air bisa terisi dan tidak sampai mengganggu keberlangsungan petani yang biasa mendapatkan manfaat dari aliran embung tersebut.

“Inginnya ya bisa menyimpan air saat kemarau bukan malah kehabisan seperti saat ini,” sambungnya.

Witono, perangkat Desa Mangunan mengatakan, Waduk Brumbung dibangun untuk membantu pengairan lahan pertanian sekitar 40 hektar persawahan. Terutama lahan pertanian di Desa Mangunan dan Desa Kedungjati..

“Sejak bulan Juli kemarin air sudah mengering, biasanya berlangsung sampai bulan delapan, sembilan hingga sebelas,” kata Witono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral